Laman

Selasa, 04 November 2014

Apa Bedanya S1 VS D3 VS D4? lebih baik yang mana



Hellow hellow calon Maba~ Yunad here :3 hahaha. pasti lagi sibuk sama tugas akhir dan ujian akhir di SMA ya? Keep cemungudz guys ‘3’. Jangan males-malesan inget liat tuh kalender sekarang bulan apa :3 /senyum evil cantik (?)/
Well, seperti janji saya tempo hari saya bakalan post artikel penunjang untuk melengkapi kisah kasih saya *boong deh* maksudnya kisah perjuangan saya selama masa transisi dari seorang ‘SISWA’ menjadi ‘MAHASISWA’ yang nggak mudah :”)
Oke kali ini saya akan bahasa tentang....
“Apa bedanya S1 VS D3 VS D4”
Cuss cuss kita bahasa sedikit-sedikit yuk yuk calon-calon MABA
So, kita mulai jawab sedikit sedikit dan membahas tenang perbedaan S1 VS D3 VS D4 cekidot
S1... pasti kalian nggak asing dong sama yang namanya S1 a.k.a program Strata 1? Ya... S1 itu kalau kita lulus kita akan mendapatkan gelar S. (Sarjana)
-        Program S1 itu jurusanya ada apa aja si?
Jawabnya? Sangat banyak: contoh falkutas-falkutas di program S1 biasanya yang umum falkutas tehnik, falkutas hukum, falkutas kedokteran, falkutas kedokteran gigi, falkutas mipa, falkutas ekonomi, falkutas farmasi, falkutas ilmu keperwatan, falkutas sastra (kalo di kampus saya namanya falkutas ilmu kebudayaan), falkutas ilmu politik dan ilmu sosial DDL (nggak cukup kalo di sebutin one by one)
-        Berapa banyak beban SKS, semester dan lama studi yang diterima jika kita memlih program S1?
Well, program S1 biasanya mahasiswanya di bebani SKS ( Satuan Kredit Studi) sebanyak 114-160 SKS (termaksuk dengan 12 SKS persiapan dan penyusunan skripsi) sebanyak 8 semester dan selama 4 tahun
-        Lalu, berapakah persentase materi yang kita dapetin di progran S1?
S1 menggunakan persentase materi 30-40% praktik dan 70-60% materi namun dewasanya kini, banyak juga falkutasnya memberi prosi praktik lebih banyak 5-10%.
-        Setelah kita lulus, kita bisa melanjutkan ke mana?
Kalau kita lulus S1, kita bisa melanjutkan ke S2 (Master) dan S3 (Doktor) juga spesialis
-        Gimana peluang kerja S1?
Peluang kerja, tergantung dengan kemampuan kita, di kembalikan lagi dengan kita sendiri merek, atau gelar kita.
-        Peluang beasiswa?
Di S1 peluang beasiswa pasti terbuka lebar jika kita memiliki prestasi, dan tergantung universitas juga sebenarnya

Well, apa yang ada di benak kalian kalau mendengar kata D3 (diploma III)? Pasti kalian udah nggak asing lah sama kata-kata ini. Iya D3 atau Diploma III adalah program keahlian atau skill. Biasanya kita lulus dari program D3 kita akan mendapatkan gelar A.Md (Ahli Madya) atau sarjana Muda
-        Ada apa aja si jurusan di program D3?
Berkiblat lagi dengan apa yang saya katakan D3 adalah program Keahlian jadi kalu kita kuliah di program D3 kita akan terfokus dengan satu jurusan atau keahlian contoh saya sendiri mahasiswa program D3 dengan jurusan perumahsakitan atau Manj. Rumah sakit biasanya orang bilang begitu, maka di jurusan saya sendiri akan di fokusan tentang Manjemen dan pengolahan Rumah sakit juga tentang adminstrasi rumah sakit dan jurusan perumahsakitan di Indonesia masih terbilang langkah atau jarang di Indonesia untuk program D3 (setahu saya kalo di PTN Perumahsakitan D3 cuman ada di UI *kampus saya*).
Program yang umumnya biasanya ada di program D3 adalah: Akuntasi, Perpajakan, Perbankan, Keuangan, Pariwisata, Penyiaran, Periklanan, Hubungan Masyarakat, Fishioterapi (sebenernya sekarang Fishoterapi juga ada program D4nya), Eleketro, Mesin DLL (sejujurnya program D3 di indo sangat banyak -_- kaga cukup di sebutin atu-atu  karena tiap universitas biasanya ada juga jurusan langkah -_-)
-        Berapa beban SKS, semester dan lama yang kita terima jika kita memilih program D3?
Beban SKS di Program D3  sebanyak 110-120 SKS (termaksud magang dan penyusuna tugas akhir) selama 3 tahun sebanyak 6 semseter
-        Berapa persetase materi yang di dapatkan di D3?
Di program D3 kita akan mendaptakan persentase materi sebesar 70-60% praktik dan 30-40% materi. Karena, D3 sendiri lebih mengutamakan lulusan yang memiliki kesiapan skill untuk langsung berkerja.
-        Setelah lulus dari program D3 kita bisa ngelanjutin kuliah dimana?
Lulus dari D3 bisa ngelanjutin kok ke S1 via jalur ekstensi, atau ke D4 (tinggal nambahin sks dan tugas akhir sedikit). Dan berapa lama? kalo S1 ektensi biasanya 1,5-2,5 tahun (ditambah skripsi) kalo D4 sekitar 6 bulan-1,5 tahun. Sisinya sama kaya S1 bisa lanjut ke S2 atau S3 juga spesialis setelah ngambil S1 ekstensi atau D4. 
-        Peluang kerja program D3 gimana? Kata orang lulusan d3 itu nggak ada apa-apanya
Haha -_- this so hurt for me if i hear this kalimat -_- nggak boong banget lulusan D3 kaga ada apa-apanya a.k.a selalu jadi rendahan. Bohong banget -_- justru lulusan D3 memilik peluang kerja yang sama kaya lulusan S1 atau D4. Semua kita kembalikan lagi sama si individunya merk dagang (universitas) atau gelar tidak menjamin semuanya
-        Beasiswa di D3?
Semua balik lagi ke diri dan ke universitas kalian masing-masing biasanya katanya si beasiswa buat D3 tuh dikit tapi kan porsinya tergantung Universitas juga

Oke oke oke... sekarang kita beralih ke D4 apasi si itu D4 (Diploma IV) adalah program studi yang mengutamakan keahlian (sama kaya D3) nanti kalo lulus dari D4 kita dapet gelar SST (Sarjana Sains Terapan)
-        Apa bedanya S1 sama D4?
Apa ya? Tanya sama om gugel *canda* kalo perbedaanya biasanya dimana ya? *apadeh saya* oke serius serius. Bedanya itu kalo D4 bisa di bilang S1-nya Sekolah Vokasi/program Vokasi, atau di Politehnik. Kalo S1 kan ya umum gitu sarjana umum bukan sarjana sains terapan. Tapi sama kok S1 sama D4 nggak ada jelek dan buruknya
-        Jurusan D4 ada apa aja?
Well, D4 biasanya lebih ke arah jurusan-jurusan di politeknik ya kaya, Mesin, Elektro dll atau vokasi kaya Keuangan, Perhotelan dll. Saya pribadi masih sedikit bingung sama jurusan-jurusan di D4 yang ada di Indonesia
-        Berapa beban SKS, semester dan lama studi jika kita memilih program studi D4?
SKS yang di bebani sekitar 114-160 SKS (umunya) sama seperti S1 banyak semester 8 semester dan lamanya umumnya selama 4 tahun
-        Persentasi materi di program D4?
Sama seperti D3, D4 lebih mengutamakan praktik untuk menikatkan skill (kemampuan) mahasiswa dal lulusanya
-        Setelah lulus D4 kita mau melanjutkan kemana?
Sama kaya S1 kita bisa ngelanjutin ke S2, S3 atau spesialis
-        Peluang kerja D4? Kan D4 masih awam tuh pasti susah deh nyari kerjanya
Please ini jaman udah canggih maju dan beradab. That’s so bullshit please nggak ada yang namanya susah  ‘-‘ semua kembali ke diri masing-masing merek dagang, atau gelar tidak sama sekali mempengaruhi susah atau gampang seseorang mendapatkan pekerjaan
-        Peluang beasiswa D4?
As well, balik lagi sama universitasnya. Besar atau banyak bea siswanya tergantung universitas

So, gimana calon MABA? Masih binggung kah kalian ingin melangkah ke mana D3? D4? S1? Semua kembali ke diri kalian masing-masing. Karena yang mau sekolah bukan ortu, bukan guru BK bukan temen kalian, bukan kakak kalian atau siapa pun tapi KALIAN sendiri
semua program studi pasti punya keunggulan dan kekurangan masing-masing tinggal kitalah yang mengoptimalkan potensi kita mau dimana dan jadi apa kelak
Seperti apa yang udah saya sampaikan di tulisan a.k.a artikel gaje saya tempo hari, “JANGAN PERNAH MILIH JURUSAN KULIAH HANYA KARENA KATA TEMEN” please banget ya. Temen nggak selamanya bisa membantu kalian. Kuliah itu buat masa depan kalian buka masa depan temen kalian.
Well, kalau kalian masih binggung, coba-coba kalian tanya sama guru BK, ortu atau sodara kalian yang udah berpengalaman di bangku kuliah gimana dan seperti apa yang pernah saya kasih tahu sama kalian di artikel sebelumnya “bayakin browsing buat cari info” please banget bangetan ya guys, sekarang jaman udah canggih dan global informasi udah gampang banget di dapetin dimana-mana jangan pernah males buat nyari tahu di internet gunakan lah fasilitas yang ortu kalian kasih lebih untuk hal yang bermanfaat demi masa depan kalian.
Waktu kalian di kelas 12 itu gak lama loh 9 bulan itu bener-bener cepet kalo kalian nggak ngitungin atau ngerasain. So jangan nunda-nunda buat kalian calon maba buat nyusun gimana planning kalian kedepan buat kuliah. Karena, kalo kalian nggak punya planning semuanya sama aja NOL besar guys. Semua itu di mulai dari PLANNING lalu USAHA lalu TEKAT dan terakhir DOA.
Dan satu lagi... seorang yang berhasil adalah seseorang yang memilik planning yang baik dan tepat. Some senior saya di kampus selalu bilang seperti ini “karena tampa persiapan yang baik segala rencana yang kita susun tidak akan berjalan dengan baik.”
Well...well.. well... sekian artikel singkat bin gaje ala Yunad /? Kritik dan saran di tunggu ya /? Silakna komen di post ini atau via E-mail yang terterah di sudut kanan blog ini /? Ugh... maybe bisa juga kalian ngobrol-ngobrol santai sama saya di twitter pribadi saya @ayunadnad atau mungkin ask-ask cantik di ask.fm saya ayunad59

Hahah sekian ‘3’ salam semangat! Get  you dream come true guys!

369 komentar:

  1. gan klo d4 bisa dilanjutin ke s1 gx

    BalasHapus
    Balasan
    1. d4 itu sama aja kaya s1 bro (setara) kalo udah d4 kamu nggak usah s1 lagi bisa lanjut s2/s3
      -trims-

      Hapus
    2. Ka aku berusia 20 taun,karena aku harus kerja jadi sekarang aku harus sekolah kejar paket c dan saya baru bisa masuk kuliah 3 taun lagi,sambil ngumpulin uang buat kuliah nnati,saya ingin sekali kuliah ka,nah itu nanti gimna ka di masa kuliah saya dan dunia kerja nanti?apa saya sudah terlalu tua untuk hal itu,jujur ka saya galau kalau memikirkan hal itu,terkadang saya berfikir untuk menyerah,tapi saya sangat bersemangat untuk mencapai kuliah dan punya kerja yg lebih baik ka,tolong saran nya ka ,tolong bales ka

      Hapus
    3. jangan nyerah dong buat mencari ilmu.
      im pround with you,
      saya salut sama kamu punya semangat tinggi buat kuliah.
      jangan malu ya sama umur umur nggak menentukan kok tp semangat kamu buat menutut ilmu yang di perhitungkan.
      banyak kok pts2 yang bagus dan terjangkau.
      jangan lupa browsing ya buat cr info :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. sama seperti sarjana s1 lainnya. dan tergantung jurusannya
      -trims-

      Hapus
  3. kalo dari d3 ke s1 bisa ganti univ dan jurusan ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok. kaya saya ni saya kan dari d3 perumahsakitan UI trs saya mau ambik ekstensi S1 manajemen di IPB bisa.
      senior2 saya juga banyak yang melenceng dari bidangnya kok.
      -trims-

      Hapus
    2. mau tanya kak, kk kan lulusan d3 perumahsakitan UI trs nyambung s1 manajemen IPB... Jadi kuliah s1 nya mengulang dari awal (4 thn) atau gmn kak?

      Hapus
    3. bisa kok.
      kemungkinan 2-3 tahun
      karena perumahsakitan itu masuknya manajement sebenernya, kan manajemen rumah sakit.
      kalo saya si lbh minta ke FKM ui masalah hehe.
      yang pasti bisa kok ke IPB tp kamu ambilnya manajemen

      Hapus
  4. dari D3 bisa langsung S1 atau harus ambil D4 dulu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah bisalah:), Kan D4 & S1 sama aja (Setara).
      Setelah lulus dari D3, Terserah mau pilih D4 atau S1 Hehehe

      Hapus
  5. dari D3 bisa langsung S1 atau harus ambil D4 dulu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ambil S1 namanya s1 ekstensi. nggak usah harus d4. kan d4 itu setara sama d4

      Hapus
  6. Cewe gpp kali ya ambil d3 aja kak -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah nggak apa-apa kok kan tergantung kalian

      Hapus
  7. Gan?? Emg ada fak/jurusan Komputer kalau kita pilih D4 ?? :o O_o

    BalasHapus
  8. Kak, gelar kalo D3 nya beda jurusan trus lanjut S1 beda jurusan lagi apa?
    Gelarnya yg dari jurusan D3 ato dapet dua gelar sekalian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tergantung kamu S1nya mau ambil apa n.n
      biasanya dapet 2 gelar gelar d3 sm s1

      Hapus
  9. Kak klo ngurus ekstensinya itu gmn? susah gak? trus nilai kita sebelumnya jg diperhitugin? minta saran juga dong kak aku keterima d3 t. informatika sama s1 t.kimia, mending ambil yg mn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ekstensi mah test lagi yang pasti.
      ya semua tergantung kamu lah yang kuliah kamu.
      klo sk praktek langsung mending d3

      Hapus
  10. Gan minta pendapat
    sy udah umur 25 tahun
    Terlalu tua g kuliah d3 stelah lulus ngelamar kariawan
    ato sya jado TKI 3 tahun pulang buka usaha
    tolong saranya gan. Sya belum menikah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada kata tua buat menimba ilmu kok bro.
      temen saya aja ada yg 20 tahun baru masuk kuliah.
      ngapain malu sm umur?
      kita nyari ilmu itu nggak pandang umur bro.
      klo kt pepatah mencari ilmu smpe nafas berhenti itu kewajiban.
      tp tergantung agan sndri si klo merasa uang lbh baik mah sok buka usaha klo merasa pendidikan lbh baik silahkan agan kuliah

      Hapus
    2. Bukan masalah malu, tp masalah bisa atau enggak

      Hapus
    3. TEMEN SAYA UDAH PUNYA ANAK TIGA AJA SANTAI2 AJA KULIAH NYA

      SEKARANG KEMBALI KEPADA ANDA KULIAH NYA NIAT DALAM HATI UNTUK SERIUS ATAU CUMA MAIN2.

      GA ADA KATA TERLAMBAT BRO

      Hapus
  11. kak kalau menurut saya ambil D3 udah itu cari kerja kalau bisa cari kerjanya di luar negeri

    BalasHapus
  12. Kak d4 bisa lanjut ke s2 nah kalau d3 bisa ngk lanjut ke s2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nggak lah -_- d3 harus ektesni dulu ke S1/D4 baru bisa ke s2

      Hapus
    2. Kalo d3 ke s1 baru bisa bto

      Hapus
  13. Kaka mau tanya kalo D3 lanjut S1(ekstensi) atau D4 itu dilihat dari IPK atau lewat tes tulis?. Kebetulan saya dapat D3 perpajakan. Saran yang tepat buat saya, nanti lanjut kemana ya kak? Mohon saran dan infonya kak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari jalur tulis smcm simak ui gitu lah.
      tergantung univ yg kamu tujuh lah.
      mending lanjutin ke D4 si. krn waktunya nggak lama.
      tp up to you sekali lagi kamu yang kuliah si.

      Hapus
  14. Kak mw tanya,klo kita udah ambil D4 pariwisata lalu mw ambil sarjana ekonomi lagi bisa kak,,?(klo ada) Ekstensi brpa lama kira" ,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak usah ekstensi lagi -_- D4 setara S1 kok.
      km bisa ambil s2-nya biasanya.

      Hapus
  15. kalo dari d3 manajemen rumh sakit apa bisa lanjutin s1 dngan beda jurusan? trus low lanjut dengan beda jurusan apa harus dari nol lagi apa terus lanjut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mis. ke fe nanti semua tergantung dengan berapa jumlah sksnya semua itu tergantung dengan jurusan yg kamu ambil. soalnya s1 manj. rs kan adanya di fkm.

      Hapus
  16. Ka saya mau nnya , kan saya dari D3 teknik perminyakan saya mau ngelanjutin di universitas lain contoh nya ITB, itu harus tets tulis apa liat IPK kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. balik lagi ke dalam kebijakan masing2 universitas yaaa
      ada yg mengharuskan ikut test lagi ada yg nggak.
      untuk hal itu aku kurang tau soalnya beda2 si.
      di kampus saya mah harus ikt test simak lagi

      Hapus
  17. Sya kan thn dpn kan mau lulus, bagusnya ambil d3 atau langsung d4

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu minatnya kemana?
      saya nggak bisa bilang bagus ini atau itu,
      semua tergantung kamunya lagi dan jurusan kamu lebih tepatnya.
      klo secara title si ya d4 lebih unggul lah dr d3 tpi liat lagi jurusan kamu itu ada nggak D4-nya?
      berhubung jurusan saya blm ada D4-nya jd saya ambil D3

      Hapus
  18. Gann nanya dongg kalo ambil D4 kan bisa hajar s2, nahh kalo d4 suruh bikin skripsi apa bikin laporann gann?? Mohon di jawabb ya gann hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya si Ta (tugas karya akhir) saya kurang tahu juga ya

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. bisa kok.
    kemungkinan 2-3 tahun
    karena perumahsakitan itu masuknya manajement sebenernya, kan manajemen rumah sakit

    BalasHapus
  21. ka ayunadifah saya mau nanya dong misalnya pengen ke s1 ituh butuh waktu berapa tahun, terus kalo saya pengen ke s1 itu harus ngelewatin d1,d2,d3 dulu apah engga.

    -terims-

    BalasHapus
    Balasan
    1. S1 normalnya 4 tahun :)
      nggak usah lewatin d1-d3 karena kan S1 punya progam sendiri

      Hapus
  22. makasih kak, infonya sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir semoga cuap-cuap gajeh saya dapat membantu :)

      Hapus
  23. Kak mau tanya kalau d3 pengelolaan sumberdaya perikanan fakultas biologi itu bisa alih jenjang ke s1 di univ mana aja ya kak? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo :)
      sebelumnya saya masih kurang tahu ya pengolahan sumberdaya perikanan seperti apa.
      apakah lebih ke aspek manajement pengolahan atau bagaimana.
      menurut saya, sepertinya kalau lebih ke manajemen pengeolahan nggak ada salahnya ambil s1 manajemen. jurusan S1 ekstensi sebenernya nggak pengaruh dgn apa d3 yg di ambil.
      contohnya saya, saya bisa ambil FKM, FE, ADM atau mungkin komunikasi.
      ambilah S1 ekstensi yang punya cabang ilmu sama atau mirip dgn d3 yang kamu ambil

      Hapus
  24. Balasan
    1. maksudnya? saya kok ndak mudeng yak heheh

      Hapus
  25. Ka mau tanya, kalau misal saya ambil jurusan D3 sekretaris, kalau mau lanjut S1 lebih baik ngambil jurusan apa ya?
    Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo!
      wah anak sekretaris ya? saya juga sekretaris kok. i mean, saya konstrasi sekretaris si heheh.
      biasanya sekretaris umum (non medik seperti jurusan saya) bisa ambil manjament atau komunikasi.
      terimakasih

      Hapus
  26. Ka pertanyaan bagus hehe klo akreditasi kmpus mmpengaruhi peluang kerja ga , klo d akresitasi a tu sangat bagus ilmu yg d dpt ..katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah ini masih abu abu sebenernya.
      menurut guru BK saya dulu ini ngaruh tapi pas saya kuliah. beberapa dosen ada yg setujuh ada yang nggak.
      sebenernya lbh enak kalau msk jurusan sama univ yang sama-sama udah terakre A si lebih di pandang biasanya ketimbang yg biasa2 aja hehe

      Hapus
  27. ka universitas/politeknik apa aja yg ada jurusan menejemen rumah sakit atau administrasi rumah sakit, selain UI ? terutama yg di Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk di bandung saya kurang tahu ni. maklum yak saya org Jkt taunya cuman di UI doang.
      tapi, biasanya jurusan manajement rumah sakit adanya di poltekes (politeknik kesehatan).
      selain di UI yang saya tahu ada di poltek banten sama satu univ swasta di jakarta cuman saya lupa namanya.
      tapi kata dosen saya, di bandung ada kok jurusan manajement rumah sakit tapi di politeknik swasta cuman saya lupa namanya apa heheh.
      monggo di browsing aja

      Hapus
  28. Kak aku kan mau ngambil d3 keperawatan, nah abis itu mau lanjutin s1. Kira2 nambah brp taun lagi ya kak ? Trs juga skripsinya sekali apa dua kali ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kita satu bidang ya sama2 kesehatan #hidupanakkesehatan.
      untuk ekstensi biasanya normalnya 2-3 tahun dari d3 ke s1 dan untuk ke D4 biasanya cuman 1-2 tahun aja.
      masalah skripsi ya kalo untuk s1 ya cukup sekali lah -_-
      tapi masa iya lulus d3 nggak nyusun tugas akhir si?
      agak berat emang kalau mau ekstensi kita lulus d3 udah nyusun TA nanti S1 skripsi.
      tapi menurut aku ya semua nggak udah di bawa pusing toh belajar itu kan seumur hidup :)
      trims

      Hapus
  29. Masa pendidikan d4 yang melanjutkan s2 dengan s1 yang melanjutkan s2 lebih lama atau sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama dong :)
      kan d4 itu setara s1
      d4 itu istilah org awam S1-nya politeknik.

      Hapus
  30. nice informasi,
    tapi saya masa bingung masalah D4

    BalasHapus
  31. kalau ambil D4 apakah harus ambil s1 dulu supaya bisa s2? tolong jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa yang binggung :)

      d4 nggak harus ambil s1 lagi karena d4 sudah setara dgn s1 jadi kamu bisa langsung ambil s2/profesi/magister saat lulus nanti

      Hapus
  32. Kak, kalo d3 ,mau lanjut ke d4 nya harus di univ itu juga kk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kok.

      yang namanya ekstensi mah bebas mau di mana aja nggak terpaku sama univ.
      contohnya saya, maybe saya bisa kok ekstensi di univ selain univ saya.

      Hapus
  33. makasih mba ayu atas penjelasannya,saya yg semula nggak tau jadi malah makin bingung...hehe becanda mba ayu, makasih udh berbagi pengetahuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sama2 terimakasih sudah mampir dan mendengarkan cuap-cuap gaje saya

      Hapus
  34. Kak mau tanyak kan saya lulusan D3 teknik komputer politeknik swasta mau ekstensi s1 teknik elektro di PTN bisa kah kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kamu lihat di internet ya univ mana yang ada s1 teknik elektronya

      Hapus
  35. Klu D3 perpajakan u/ ambil S1 nya spya linier jurusan apa??

    BalasHapus
  36. sorry agak melenceng sedikit blh Mbian dikit eg. ini lgi bhas D3, D4,S1. gmna klo kuliah 1 tahun kualiah sabtu minggu tp dpt gelar S1 (sarjana)enak bgt dong kan kasihan sma mahasiswa yg berjuang bertahun2 full day kecuali hri libur bru bsa dpt gelar A.Md, SST ST dll. peluang kerja to kuliah bertahun2 menurut sya lbih kecil dibanding yg kuliah 1 tahun krna, kuliah normal msih menempu pendidikan sedangkan yg tidak normal udh lu2s kuliah dgn gelar S1 atau dll krn lowongan pekerjaan psti di isi yg udh memegang ijazah persyaratan utama dlm melamar pekerjaan dan tdinya adik tingkat kita disekolah bisa aj melampaui kita dpt gelar yg kuliah normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya di sini kan membahas ttg bagaimana perbedaan s1 d3 dan d4.
      saya hanya open mind pikiran ala anak kuliahan yang baru engeh apa si itu d3 s1 d4.
      saya pernah merasakan yang namanya bingung saat saya mau lulus sma harus kemana? saya harus ambil apa? apaan si d3 d4 s1 itu.
      orang awam selalu menganggap s1 itu lbh super padahal menurut pendapat saya semua jenjang punya plus minus tersendiri.
      ini hanya mengukapkan pendapat saya bahwa kuliah itu semua sama nggak tergantung jenjang dan semua balik sama indvidunya lagi.

      wah enak ya kuliah 1 tahun langsung lulus? kok saya baru tahu ya? apa saya kudet? mungkin saya harus cari informasi lagi.

      saya disini hanya menengaskan sekali lagi bahwa kuliah dimana pun apa jurusanya apa jenjangnya apa univnya semua sama aja. kita harus berbalik lagi sama diri kita sendiri dalam dunia pekerjaan.

      selain saya mahasiswa saya juga punya pekerjaan sampingan sbgi penulis. dan saya paham bahwa dunia kerja nggak mudah bahkan kadang2 saya kepengen nangis karena penerbit nolak tulisan saya tapi saya bukan orang menye-menye jadi saya semakin bersemangat ekspos kemampuan diri saya.

      memang dalam dunia kerja ijazah adalah kunci kita. tapi apakah hanya modal ijazah kita bisa bekerja dgn baik? menurut dosen kepribadian saya, saat bekerja si HRD nggak cuman liat cv, ijazah dll yang tertulis tapi melihat atittude, pengetahuan dan skill.

      kuliah itu mengajarkan kita gimana kita mengekspos diri ttg cara berpikir yang lebih baik. memang lulusan sekolah menengah skrg bisa kok cr kerja cuman modal ijazah tapi coba bandingkan dgn seseorang yang lulusan universitas? tentu berbeda bukan?

      disini saya cuman mau open mind para pembaca dan penggunjung blog saya bahwa dgn kalian punya pengetahuan dan mengolah skill kalian untuk menghadapi dunia kerja.

      semoga jawaban saya bisa membantu sekiranya ttg pendapat saya
      trims

      Hapus
    2. SABAR MBAK TU ORANG GA NYAMBUNG

      HAHHA

      Hapus
  37. Misal kita lulusan S1 (sarjana ekonomi),apa dibelakang nama kita selalu diikuti gelar misal: Wahyu Nugroho S.E ?

    BalasHapus
  38. Misal kita lulusan S1 (sarjana ekonomi),apa dibelakang nama kita selalu diikuti gelar misal: Wahyu Nugroho S.E ?

    BalasHapus
  39. Asalamualaikum
    Kak saya ayu.. minta sarannya,begini saya skrg lgi ngambil D3 kebidanan setelah lulus nanti mending say melanjutkan ke D4 kebidanan apakah saya melanjutkan s1 jurusan kesmas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Back to your self.

      kamu passionnya di mana?

      apa kamu ttp mau menjalankan dunia kebidanan atau kamu ke kesmas.

      semua nggak ada yg jelek loh. btw dulu saya juga mau msk kebidanan cuman gagal #inicurcol

      klo kamu mau mengebangkan amanah jd seorg bidan ya lanjutkan D4nya klo kamu nggak mau dan lbh tertarik dgn issue kesehatan masayarakat monggo ambil kesmas.

      dunia kesehatan semuanya nggak ada yg jelek loh

      cmiiw

      Hapus
  40. Kak mau nanya eheh.. kira2 klo untuk bahasa inggris mending ambil D3 dulu apa langsung bes S1? Cita2ku dari dulu pengen jadi jurnalis otomotif sih.. makaseh

    BalasHapus
    Balasan
    1. back to your passion :) klo km mau jd jurnalis km mending ambil ilkom lalu ambil kosentrasi di jurnalistik.
      klo passion km lbh ke sastra sok monggo ambil sastsra.
      klo km mau satsra mending si kt saya ya s1 aja drpd d3

      Hapus
  41. Saya kagum sma kk, sampai skrng msh aktif blogging, dri tahun kpn tau smpe skrng msh bisa bales komen satu2.

    Sblmnya thanks atas info nya kak, saya kebetulan dpt D3 di IPB tahun ini, saya lg nyari2 ttg D3 dan ternyata semua sama aja antara D3 D4 S1 semua tergantung kita.

    Semakin semangat buat lanjut kuliah walaupun cuman D3.

    Sekli lg mksh atas info'a kak. Keep blogging ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo terimakasih sudah mampir :)

      wah congrast yg jd anak ipb hihihi dulu saya ngebet bgt loh masuk ipb #curcolkeras

      jangan pernah minder dgn jurusan kamu ya dek semua org berhak untuk dpt pendidikan kok :)

      semangat ya kuliahnya

      Hapus
    2. Saya kebetulan jg kuliah D3 di Uns tahun ini hehe... Semangat Lah... :)

      Hapus
    3. Saya kebetulan jg kuliah D3 di Uns tahun ini hehe... Semangat Lah... :)

      Hapus
  42. Kaakk, minta sarannya boleh? Gini, aku pengennya kan di d3 aja dulu, terus abis itu baru ekstensi s1, tapi guru aku nyaranin, coba s1 aja katanya lebih bagus. Menurut kakak gimana? Makasih kakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. back to your passion :)
      klo km sk yg lgsng praktek kuliahnya nggak ribet nggak penelitian terus mending ambil d3
      tp klo km sk yg ilmia abil lah s1
      klo km kepengen yg setara sm s1 tp lbh byk praktiknya ambil d4

      coba km konsul sm ortu km juga gmna baiknya. semua gak ada yg jelek loh :) yg namanya sekolah cr ilmu kan ya?

      semangat ya buat kamu!

      Hapus
  43. kak saya diterima D3 manajemen UGM nih, ntarkalo ekstensi ke UI gelar saya A.Md,S.E ataukah langsung jadi S.E nihh?? maturnuwunn

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah gelar tergantung kamu mau nulisnya seperti apa.
      km anak vokasi kan? ya gelar A.md ttp ada nanti ya tambah lagi lo s1 s(apa jurusan kamu)

      Hapus
  44. Kak saya ada membaca di artikel lain.. Katanya kalau ambil DIV gak dapat STR katanya harus nyambung S2 dulu, trus kalau DIII bisa dapat STR.. Kenapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. str?

      coba kamu kaji lagi d4 sm d3 tinggan d4 loh kemana2 d4 setara S1

      Hapus
  45. kak saya taun depan lulus SMA nih saya bingung mau ngmabil d4 atw s1 nya , tapi prodi yg saya pengen farmasi , ahli gizi sama kesmas nah di antar ke 3 prodi yg saya minati saya bingung memilih di antar ke 3 nya , tapi ke 3 prodi yg saya ambil max. d3-d4 menurut kakak klo nti saya kuliah ngmbil yg d3-d4yg ada di poltekkes atau s1 yg kampusnya swasta ? tlong d bantu ya kak trimakasih kak hhe sya pengen sekali jdi anak kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. back at your passion

      nggak ada yg jelek d4/s1 semuanya sama2 bagus.

      Hapus
  46. Gan, kalo dari s1 lanjut s2 bisa nggak gan, kalo latar blkng nya sblm s1 dari d3? Jadi D3-S1-S2, bisa kagak?
    Trus waktunya kira2 brp lama yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa -_-
      please read more.

      semua ya tergantung kamunya. d3 normalnya 3 tahun ekstensi normalnya 2-3 tahun s2 normalnya 2-4 tahun
      silahkan hitung sendiri

      Hapus
  47. Min mau nanya jurusan kan aku mau ngambil d3 tapi aku mau kerja nya diluar karna saya orang nya gampang bosen kalo di dalem, tolong saran nya ya min makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. i cant understand what do you mean. maksud kamu kerja di luar negeri?
      lah bisa kok emng segitu parahnya anak D3 ya? semua bisa and please back with your self again
      cimmiw

      Hapus
    2. mungkin maksud nya kerja di luar rumah mbak

      kalau di dalem rumah bosen

      wkwkwkkw

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. mau nanya nih, kalo misalnya ada lowongan kerja mencari S1 bisa ga D4 ngikut ?
    trus klo di perusahaan , hak dan kewajiban d4 dan S1 sama ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kynya nggak bisa si. tp saya belum kaji lagi ya.
      sama kok mereka kan setara

      Hapus
  50. Assalamu'alaikum kak, selamat siang, saya ingin bertanya saya kan d3 jurusan elektro tapi prodi elektronika. Nah, saya ingin melanjutkan studi kira2 untuk ptn atau ptn yang bagus apa ya kal. Saya dari politeknik negeri medan. Terimakasih . Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kamu browsing lagi ya :) saya kurang begitu tahu ttg teknik krn saya anak kesehatan

      Hapus
    2. politeknik batam bro

      saya alumni d4 disini

      boleh di coba, thanks

      Hapus
  51. kalau lulusan sma bisa gak ambil D4? atau kalau mau D4 itu harus ambil D3 dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa dong :) kan D4 setara s1 nggak harus dari D3

      Hapus
  52. yakin dehya ..masih bingung ini ane mau d4 apa s1 :(

    BalasHapus
  53. Saran saya dari pada bingung coba ikut tes masuk stan ( sekolah tinggi akuntansi negara ) webnya www.pknstan.ac.id , lulusan dijamin bermutu dibawah naungan pemerintah , kerja dijamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah boleh refesi yang bagus untuk para pejuang kedinasan

      Hapus
  54. Kalo d3 ekstensinya ujiannya gmn?kaya sbm?

    BalasHapus
  55. Ka, saya lulus sma mau ngambil S1 langsung teknik arsitektur bisa kah ? Trs studi nya brp lama ya? Apa saya harus ngambil D3 dulu atau langsung S1 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa dong. arsi kan ada yang s1 dan memang cuman s1 kayanya. nggak perlu masuk D3 dulu

      Hapus
  56. Hai kak, saya dari d3 kesehatan lingkungan.. Kira2 perbedaan prospek kerja d3 sma d4 bgus yg mana ya? Bisa ikut cpns gak?
    Terus kak, klo aku lulus d3 kesling terus mau lanjut d4/s1 ke gizi, t.gigi, analis itu bisa gak?? Klo bisa, gelarnya apa kak?
    Mohon jawabanya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja si ya cuman ya bedanya di tittel alias gelar. rata2 d3 sm d4 itu sama kok tujuan utama mereka kan lulusan yang siap dalam dunia kerja bukan cuman teoritis.
      saya udah cukup jelas loh jelasin gelar untuk D3 D4 atau pun S1, gelar D4 itu SST :)
      kalo saran saya si kesehatan lingkungan masuk K3 aja si soalnya masih bersinggungan.
      aduh cpns D3 ya pasti bisa kok walau golongannya gak seberapa :)
      jangan berkecil hati jd anak d3

      Hapus
  57. Kalo lulusan smk teknik otomotif.. cocoknya ngambil jurusan apa ya biar kerjanya enak?? Please tespon gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil teknik mesin gan kan masih nyambung2 tuh

      Hapus
  58. Mau nanya kak, kalo aku udah lulus D3 terus break dulu kerja. Abistu, th depan ikut ekstensi bisa?
    Atau hrs fresh graduate d3 lgsg ekstensi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ekstensi tuh bebas. saya punya temen anak ekstensi dia baru coba ekstensi sekitar 2-4 tahun habis dia lulus. dia kerja dulu baru ekstensi. bisa juga fresh grad d3 ambil ekstensi.
      ekstensi nggak ada patokan umur si

      Hapus
  59. kak mau tanya.. kalo d3 itu kan biasanya di politeknik, bener ga sii ..?? trus kalo politeknik itu pake sistem sks atau tidak..?? kata temen saya sii politeknik itu sama kaya pas smk, #maaf kalo pertanyaan nya gak bermutu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. D3 itu di politeknik dan sekolah vokasi. SKS itu tergantung unvi loh rata2 kalo negeri nggak ad yang namanya SKS kita pake sistem BOP/UKT
      klo swasta ya mungkin masih ada. mslh politeknik cck buat anak sma sebenernya si bener. tp gak cuman politeknik si ada sekolah vokasi juga

      Hapus
  60. Hai ka ayu,infonya menarik sekali ya hehe
    Jd nambah2 pengetahuan gitu, tp sy mau nanya nih ka. Kebetulan sy lolos di program diploma ipb, dr penjelasan ka ayu diatas misal lulusan D3 melanjutkan ke D4 itu kan lebih cepat ya dibandingkan D3 ke S1. Kalo boleh tau dr perbedaan itu, apa dalam dunia pekerjaannya jg berpengaruh? Sedangkan lamanya belajar antara D4 dan S1 itu berbeda meskipun keduanya sama2 setara. Terus apakah yg lulusan S1 itu lebih di prioritaskan dalam perusahaan2 dibandingkan D4 sehingga itu yg membuat waktu belajar S1 lebih lama dibandingkan D4? Mohon penjelasannya ka ayu, Trms sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ipb kampus impian saya dulu hahah.
      jadi gini, kenapa si klo ekstensi ke D4 lebih cepet drpd ke s1 karena D4 dan D3 itu kan sama-sama menganut *cielah bahasa saya* sistem dimana lulusannya siap kerja i mean lebih banyakan praktik drpd teori. lagian, klo ke D4 apa lagi 1 bidang sm D3 kita bisa lebih cepet karena kita hanya menambah SKS (termaksud penyusunan skripsi alias tugas akhir) nah kalo ke S1 rata2 kan harus trasfer SKS jadi ada beberapa yang di ambil dan beberapa harus di buang makanya agak alam.

      sebenernya D4 sama S1 nggak ngaruh si ya baik apa buruknya lebih unggul yang mana dll. tp beberapa perusahaan masih lebih suka sama S1 karena ya mungkin sosisalisasi D4 di indo kurang greget. padahal dasarnya sama loh sama2 sarjana bedanya S1 sarjana biasa D4 sarjana sains terapan.

      Hapus
    2. Kalau di perusahaan yg berhubungan dengan oil & gas dan fabrikasi setau saya D4 lebih di utamakan.

      tapi semua kembali dari rezekinya masing2. so mau s1 atau d4 sama aja yg penting usaha dan nasib orang itu sendiri.

      Hapus
  61. halo mau tanya untuk misal d3 akuntansi mau transfer ke s1 manajemen pada kampus yang sama , untuk gelarnya bagaimana ? dan apa ikut seperti mahasiswa seperti umumnya atau ext ? terimakasih

    BalasHapus
  62. Halo selamat malam kak, Saya diterima di Vokasi Pariwisata UI (D-3). Pertanyaan saya, apakah saya bisa transfer ke S-1 Pariwisata UGM? atau Universitas Swasta lainnya? Terimakasih kak

    BalasHapus
  63. Kak saya baru kelas 3 SMA nih. Saya pengen kuliah jurusan broadcasting D3 masuk universitas mana ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  64. Kak saya baru kelas 3 SMA nih. Saya pengen kuliah jurusan broadcasting D3 masuk universitas mana ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk kampusku aja, BC Ui bagus loh. ui udah punya tv sama radio sendiri *sumpahpromosi abis*

      Hapus
  65. kak kalau saya ambil d4 terus lannjut s2 gelarnnya jadi apa kak ?
    tolong dijawab dan terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti sarjana biasa cuman d4 kan gelarnya sst ya ya itu aja bedanya

      Hapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. kak kalau saya ambil d4 apa boleh s2 nya di luar negeri ?

    BalasHapus
  68. Kak,di ui saya baca kalo mau ngambil ekstensi itu min. Punya pngalaman kerja 2 tahun. Benar tidak?

    BalasHapus
  69. ka... aku kan SMK keperawatan nih.. mau terusin keperawatan.. aku bingung mau D3/ S1.. aku lebih suka praktek.. tapi kalo misalnya D4 kan katanya ada teori sma praktek juga tuh.. kalo mau ambil profesi ners itu apa ada D4 skaligus ambil nersnya?? klo S1 kan bsa skaligus Nersnya bukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending ambil d4 kalau kamu sk praktek :)
      ners alias profesi perawat kan gak cuman anak s1 yg bisa.

      Hapus
  70. Kak klo D3 keperawatan truz lanjut ke S1 farmasi bisa ga ya??

    BalasHapus
  71. Kak klo D3 keperawatan truz lanjut ke S1 farmasi bisa ga ya??

    BalasHapus
  72. makasi ya kak infonyaaaa 😁
    Aku mau nanya kaka
    Aku kan jurusan D3 elektronika kalo mau lanjut D4 boleh pindah jurusan ngga? Kalo semisal boleh kira kira jurusannya apa aja ya ka?? Tolong penjelasannya ya kaak cantik 😁 terima Kasih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 :)

      kalo bisa si yg searah aja biar cepet kuliahnya krn yg di trasfer banyak

      Hapus
  73. Kak mau nanya dong kalo lulusan D4 Analisis Kesehatan itu baiknya lanjut dimana ya?☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. d4 analisis? mau ambil s2?
      ambil lah di farmasi
      dengan catatan D4 sama dgn s1 jadi gak usah ambil s1 lg

      Hapus
  74. Salam, kak mau nanya, saya keperawatan d3, kalo mau ambil s1 kedokteran harus berapa tahun lagi? Kalo ambil alih jenjang s1 keperawatan juga berapa tahun? Mohon balas, makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ambil s1 kedokteran dari keperawatan nggak bisa paling kamu ambil s1 keperawatan atau fkm :) kira2 2-3

      Hapus
  75. #bantu jawab kalo D3 Kep lanjut S1 Kedokteran tidak bisa. kalo D3 Lanjut S1 Kep+Ners (Ekstensi) kira2 2-3 tahun

    BalasHapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  77. Salam kenal mbak ayu:) mau nanya kalo dr d3 jurusan akuntansi program studi keuangan perbankan bisa gak ya transfer agribisnis ipb? Oya mbak ayu transfer ipb taun berapa? TRIms
    Oya btw, makasih buat info2nya mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. keuangan perbangkan apa ada yg nyambung sm agribisis?
      well, saya masih kuliah 2017 saya lulus :) saya masih kuliah d3 blm menyicipi s1 saya cuman menuliskan pengalaman temen saya mbak

      Hapus
    2. Ka,th ini saya lulus smu, klu saya mau kuliah langsung ambil s1 ekonomi bisa nda ka tanpa harus ikut D3,waktu kuliahnya berapa th ya ka? Trims

      Hapus
    3. baca lagi dengan cermat blog saya :)
      kan udah mau jd mahasiswa hrs byk mencari tahu

      Hapus
  78. Kak boleh nanya nggk? Saya kan udah lulus D3, managemen akuntansi. Kan udah dapat gelar ya.. Lha misalkan saya nerusin S1 trus lulus gelar yg D3 itu hangus jd S. Atau malah gelar kita double.
    Thks ya sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gelar d3 kita nggak angus kok tenang aja. jatohnya double mlh

      Hapus
  79. Kak mau nanya. D4 itu bisa ga kuliah 3-3,5 tahun ? Kayak s1 gitu yang biasanya bisa cepet selesai.

    BalasHapus
  80. kamu harus tinjau politeknik manufaktur negeri bandung (Polman) disana 80% mahasiswanya dapet beasiswa kok :)

    BalasHapus
  81. kak saya dari sekolah kedinasan perhubungan tapi sayang cuma d3 kalau mau lanjut s1 bisa gak (KEDINASAN ITU TANGGUNG)(akademi teknik keselamatan penerbangan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok kenapa nggak -_-
      ambil kelas karyawan klo udah bekerja.
      its so easy :)

      Hapus
  82. mbak Saya background D3 Hiperkes UNS, mending ambil Ekstensi D4 atau ambil ekstensi S1 yaa.Kelemahan D4 apa, kelemahan S1 apa?
    Saya masih bingung.
    Mohon konfirmasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. up to you back at your passion.
      semua nggak ada yg jelek

      Hapus
  83. sukses selalu mbak

    dan informasi sangat bermanfaat untuk para2 adik2 kita yg hendak ingin berkuliah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir dan membantu menjawab :)

      Hapus
  84. kak aku bingung mau masuk kedokteran sama kepolisian tapi aku enggak bisa matematika gimana dong... berati aku harus cari cita cita yg lain dong kka?... dan aku juga masih sma kelas 1 ips tapi udah kepikiran gimana nanti kuliahnya trus sama jurusannya juga?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan kamu. contohnya kamu suka menggambar atau seni kamu bisa masuk jurusan yang berhubungan dengan seni (contohnya jurusan desain grafis). atau kamu suka komputer jadi kamu bisa pilih jurusan komputer. sehingga kuliah tidak terasa berat dan malah menyenangkan seperti bermain.

      Hapus
  85. Kira kira di indonesia lanjut ke s2 berapa tahun ya..maaf pertanyan saya agak bodoh...

    BalasHapus
  86. Kak aku taun depan kan mau lulus. Nah aku tuh minat di akuntansi, trus di bulan januri-maret itu biasanya di undip buka jalur rapot d3 buat akuntansi. Tp di undip juga ada s1 akuntansi. Klo yg s1 brrti aku seleksinya ikut snm/sbmptn. Klo snmptn takutnya kalah sm yg anak ips. Enaknya ambil yg d3 apa s1 nya aja sekalian ya kak? Bingung nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali sama kamunya, klo suka praktisi gak mau ribet lama2 kuliah sok ambil d3, klo kamu mencari gelar sok masuk s1
      kamu yang menentukan masa depan kamu jadi, saranku jgn ikutin kata org ya.
      senyamannya kamu aja

      Hapus
  87. Hai ka, mau tanya apa kalo ambil d3 pariwisata bisa lanjut ke s1 hukum? Trus kalo bisa ntar penulisan gelarnya gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya nggak bisa deh :)
      coba browsing.
      kan sudah saya jelaskan klo dr d3 ke s1 dpt 2 gelar

      Hapus
  88. Kak kalo kuliah ada jalur prestasinya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok di kampus saya masuk kuliah ada jalur PPKB

      Hapus
  89. kak saya kelas 3 smk sekarang bentar lagi mau lulus , bingung antara d3, s1. aku maunya di jurusan komputer ngelanjutin jurusan waktu smk, dan ingin lebih ke teknik sih soalnya lebih banyak prakteknya dari pada teori, tapi pas ada yg bilang saat ini pekerjaan rata2 yg di cari s1 , dan kalo d3 masih lanjut ke s1 . katanya mending langsung ke s1 gk biaya 2 kali, tapi kalo s1 gak ngeh, banyakan teori aku kan lebih mudah paham ke praktek kayak waktu smk...

    BalasHapus
  90. Kalo univesitas yg ada jenjang vokasi(diploma) itu bisa lewat snmptn ga?

    BalasHapus
  91. Kalo univesitas yg ada jenjang vokasi(diploma) itu bisa lewat snmptn ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya si mereka jalur mandiri gitu.
      ky di ui ada ppkb sm simak
      di ipb ada ppkb d3 sm ujian tulis d3

      Hapus
  92. saya mau nanya saya kan d3 penerjemah bahasa inggris ingin ke s1 teknik informatika kira2 berapa taun? apa ngulang dari awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kamu browsing lebih lanjut saya kurang tahu krn saya bukan om gugel

      Hapus
  93. ka saya mau nanya saya mau ngambil jurusan komputer akuntansi tapi dikota tempat saya tinggal cuma ada sampai d3 jadi kalo saya ngambil bisa gak lagi saya nyambung s1 tapi pindah jurusan soalnya saya suka dengan akuntansi tapi sayan buta dengan komputer tolong dijawab ya ka terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kamu nggak bisa jgn di paksakan :) ambil yg sesuai keinginan kamu aja

      Hapus
  94. Kak sy kan mau lulus nih misalnya sy ambil d4, itu hrs d3 dulu baru d4 atau lgsg d4 aja?

    BalasHapus
  95. Kak sy kan mau lulus nih misalnya sy ambil d4, itu hrs d3 dulu baru d4 atau lgsg d4 aja?

    BalasHapus
  96. Salut buat admin.. Jadi pengen liat wajahnya... Sabar banget ngadepin banyak pertanyaan2 yang sering berulang-ulang.. Kebanyakan penanya males mbaca.. Kalo boleh tau apa nama Facebooknya atau ig.. Thanks advance.. 😊

    BalasHapus